Tazkiyatun Nafs [Sa’id Hawwa]

Jiwa insan sering mendapatkan serangan dari banyak sekali penyakit hati yang menyebabkan akhhlak insan menjadi buruk, tidak sesuai dengan yang Allah gariskan dan Rasul-Nya contohkan. Bisa jadi orang yang terkena penyakit hati akan menjadi malas beribadah, pelaku maksiat, atau hamba dari hawa nafsunya.

Oleh alasannya itu, menyucikan dan membersihkan jiwa (tazkiyatun nafs) dari banyak sekali penyakit hati merupakan suatu keharusan sebagaimana yang Allah serukan dalam Al-Qur’an, dan itu menjadi aktifitas yang tak terpisahkan dari keseharian orang muslim. Alah sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang menyucikan jiwa dan sangat membenci hamba-hamba-Nya yang mengotori jiwa dengan kemaksiatan.
Baca Juga
1 of 4


Panduan lengkap wacana sarana-sarana penyucian jiwa telah tersaji di sini yang merupakan hasil edit Ustadz Sa’id Hawwa atas kitab Ihya Ulumuddin karya Imam al-Ghazali, dari hal-hal yang rumit dan bertele-tele, juga dari hadits-hadits dhaif sehingga sesuai dengan kebutuahn umat ketika ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More