Moses And Monotheism Pdf Penulis Sigmund Freud

Moses and Monotheism PDF Penulis Sigmund Freud Moses and Monotheism PDF Penulis Sigmund Freud

Detail Buku:

Judul: Moses and Monotheism – Musa dalam sudut pandang Psikoanalisis
Penulis: Sigmund Freud
Penerjemah: Berliani Nugrahanti
Penerbit: Forum, 2017
ISBN: 978-602-51960-8-9
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 196 halaman
Jenis File: PDF
Baca Juga
1 of 163

Besar file: 1,35Mb
Review: Goodreads

Deskripsi:

Membaca Sigmund Freud yakni membaca psikologi, khusus- nya psikoanalisis. Freud, seorang tokoh intelektual populer dan ber- dampak yang berasal dari Austria ini, merupakan sosok yang sulit dipisahkan dari disiplin psikoanalisis. Oleh karenanya, membaca karya-karya Freud tentu ada “campur tangan” psikoanalisis di situ. Begitu pula dalam buku berjudul “Moses & Monotheism” ini, di- siplin psikoanalisis masih menempel begitu eratnya.

Sekilas,  buku  ini  berbicara  tentang  Musa,  seorang  nabi  yang begitu dihormati oleh bangsa Israel, dan teologi yang dibawanya un- tuk disampaikan kepada para pengikutnya, yakni bangsa Israel itu sendiri. Tentu saja yang muncul dari kilasan tersebut yakni langsung Musa dalam perspektif sejarah (kisah Musa) dan agama yang diajarnya. Meski demikian, perihal historiografi Musa dan aliran teologi yang dibawanya (monoteisme) tetap dikaji dengan psiko-analisis sebagai pisau analisisnya. Oleh karenanya, tidak mengherankan jikalau historiografi yang dituliskan oleh Freud dalam buku ini ber beda dari kebanyakan historiografi lainnya yang bersumber dari kitab suci (Bibel) secara mutlak. Hanya saja, Freud tetap merujuk pada kitab suci tersebut sebagai salah satu referensi primer.

Dalam buku ini, Freud mengurai status kebangsaan Musa; ia sebagai seorang yang berkebangsaan Mesir atau Israel. Uraian ini meliputi dua bab tersendiri. Hanya saja, pernyataan Freud bahwa Musa mekan seorang yang berkebangsaan Mesir menuai kontroversi. Pendapat tersebut banyak mendapat tentangan. Hal itu sebagaimana yang dilontarkan oleh seorang mitolog Joseph Campbell bahwa pernyataan Freud tersebut mengejutkan banyak pengaumnya dan banyak yang menyerang pernyataan tersebut.

Freud, dalam buku ini, mengurai pula tugas Musa kepada bangsa Israel, termasuk juga di dalamnya yakni agama monoteisme yang disampaikan olehnya untuk bangsa Israel. Uraian ini terdapat pada bab ketiga dengan sebuah catatan pembuka dan dua sesi uraian.   

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

close