Humanisme Dan Sesudahnya Pdf Penulis F. Kecerdikan Hardiman

 suatu paham yang menitikberatkan pada insan Humanisme dan Sesudahnya PDF Penulis F. Budi Hardiman

Detail Buku:

Judul: Humanisme dan Sesudahnya
Penulis: F. Budi Hardiman
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2011
ISBN: 978-979-074-989-4
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 108 halaman
Jenis File: PDF
Baca Juga
1 of 163

Besar file: 2,54Mb

Deskripsi:

MENGAPA HUMANISME, suatu paham yang menitikberatkan pada manusia, kemampuan kodratinya, dan nilai-nilai kehidupan duniawi perlu dibicarakan kembali?

Sejak kurun ke-14 gerakan humanis modern tumbuh mengatakan penafsiran rasional yang mempersoalkan monopoli agama dan negara terhadap tafsir kebenaran. Humanisme sekular memberi kita keyakinan bahwa kehidupan “dunia-atas-sana” tak lebih penting daripada kehidupan “dunia-bawah-sini”.

Namun, humanisme tak luput dari kritik. Ketika humanisme menuntun pada suatu kemanusiaan tanpa Tuhan, yaitu keadaan saat insan bermain sebagai Tuhan, Hiroshima, Gulag, Killing Fields, Sebrenica, dan puluhan daerah pembunuhan massal lain pada kurun ke-20 menjadi tak terhindarkan. Di negeri kita, bencana kemanusiaan juga tak sepi.

Lalu, apakah itu berarti humanisme sudah usang? Ketika sekarang kebangkitan agama-agama sedang berlangsung mulus tak banyak kendala dan nilai-nilai universal makin relatif, hikmat apakah yang masih sanggup kita pelajari dari humanisme? Bagaimanakah sosok dan tugas humanisme dalam masyarakat yang menjadi beragam juga alasannya ialah agama-agama menyerupai masyarakat indonesia?

Buku kecil ini mengurai dengan jernih pengertian humanisme, perkembangannya, dan banyak sekali kritik terhadap humanisme. Tidak berhenti di situ, penulis juga mengatakan tafsir gres atas paham tersebut, yang disebutnya sebagai “Humanisme Lentur”.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

close