Chairil Anwar Seri Buku Tempo Pdf Download

Chairil Anwar Seri Buku Tempo PDF Download Chairil Anwar Seri Buku Tempo PDF Download

Detail Buku:

Judul: Chairil Anwar Seri Buku Tempo
Tim Penyunting: Seno Joko Suyono, Nurdin Kalim, Anton Aprianto, Redaksi KPG
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016
ISBN: 978-602-424-188-9
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 166 halaman
Jenis File: PDF
Baca Juga
1 of 174

Besar file: 5,55Mb

Deskripsi:

Chairil Anwar bukanlah sastrawan yang hanya merenung di balik meja kemudian menulis puisi. Sajak “Diponegoro” yang petilannya menerakan kata-kata Maju Serbu Serang Terjang, misalnya, ia tuliskan untuk menggelorakan kembali semangat juang. Melalui sajak ini, ia mengungkap sosok Diponegoro yang berpengaruh dan liat menghadapi Belanda. Chairil tegas melawan kolonialisme. Sebuah kutipan terkenal yang menerangkan semangat itu terambil dari puisi itu: sekali berarti, sudah itu mati.

Sesudah kemerdekaan, perilaku juang Chairil semakin berpengaruh terlukis dalam puisi-puisinya. Salah satunya ialah sajak “Krawang Bekasi” yang ditulis menurut pengalamannya ketika aksi militer Belanda I pada 21 Juli 1947.

Tapak berkesenian Chairil mencuatkan namanya sebagai aktivis angkatan 45 yang mendobrak angkatan sebelumnya. Terkenal dengan potret diri yang ikonik dalam pose mengisap sebatang rokok, Chairil menghasilkan sajak-sajak yang memperkaya khazanah sastra Indonesia.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More